MAKALAHKU: PERTANYAAN SEPUTAR TASAWUF NUSANTARA

SELAMAT DATANG DAN SEMOGA BERMANFAAT

Saturday, February 24, 2018

PERTANYAAN SEPUTAR TASAWUF NUSANTARA


TASAWUF NUSANTARA

1.      S. Jelaskan persamaan tentang nahdatul wujud antara samsudin sumatrani dan hamzah fansuri
J. keduanya mengakui bahwa ketika ingin mencapai sebuah peyatuan diri kepada tuhan, keburukan yang ada dalam diri manusia harus dilenyapkan terlebih dahulu.
2.      S. Apa saja nilai social samsudin sumatrani dan hamzah fansuri
J. sumbangsi nilai-nilai social yang kedua tokoh ini sanagtlah banyak mempengaruhi dalam kehidupan sehari-hari manusia, sifat rendah hati dan menghargai sesama itu yang utama, beriman dan beribadah kepada tuhan untuk mendapatkan ridhonya
3.      S.  Wujud tuhan seperti laut bagimana menurut hamzah fansuri
J. laut sangatlah luas dan dalam dan air merupakan sebuah sumber kehidupan, wujud tuhan diibaatkan seperti laut sedangkan manusia adalah tetesan-tetesan air, tentunya sebanyak apapun tetesan air itu tidak akan dapat menyamai laut yang luas nan dalam.
4.      S. Bagimana pemikiran burhanudin ulakan
5.      J. burhanudin ulakan adalah salah satu suf nusantara yang memiliki pengaruh besar terhadap perkembangannya, tarekat satriyah adalah tarekat kebatinan yang didirikan oleh burhanuddin ulakan, ia tidak punya pemikiran yang orisinil namun mengadopsi pemikiran-pemikiran sufi terdahulu. Pendekatan diri pada tuhan dan menjadi manusia yang sempurna yang sesuai dengan ketentuan islam.
6.      S. Bagimana hubungan tuhan, manusia dan alam menurut nuruddin ar raniri
7.      J. hubungan antara tuhan, manusia dan alam adalah suatu kepastian. artinya hubugan kepada tuhan harus didahulukan namun hubungan sesama manusia dan alam sebagai penopang hidup juga tidak bisa dilupakan. Semuanya harus berjalan berbarengan mengikuti alur yang telah disepakati
8.      S. Pemisahan antara syariat dan ma’rifat menurut nurudin ar raniri
J. pada perinsipnya itu harus selaras, syariat sebgai dasar manusia dalam berpijak terhadap agama, makrifat adalah jalan untuk mengetahui makna kehidupan,  yang harus dibenahi terlebih dahulu adalah syariat baru makrifat, janagan pernah melewati tahapan-tahapan ang sudah diteteapkan sebab, itu akan berantakan
9.      S. Atas dasar apa nurudin ar raniri membangun sebuah pemikiraan
J. pemikiran nurudin ar raniri diangun oleh keadaan lingkungan dan historis yang mengelilingi hidupnya, pengaruh guru yang memberi ia ilmupun sangatlah banyak, namun semua itu tdak lepas dari lingknan keadangan.
10.  S. Bagimana taubat menurut  abdul samad falimbani
J. dalam hal ini tobat dibedakan menjadi 3 tingkatan, taubat orang awam, taubat orang khawash dan taubat orang khawash alhawash.
11.  S. Apa jenis kelamin siti jenar
J. laki-laki
12.  S. Penyatuan manusia dan tuhan menurut siti jenar
J. ketika ingin menyatu kepada tuhan maka harus melepaskan  raga yang melekat, karena pada hakekatnya manusia tidaka akan bisanya menyatu dengan tuhan selagi masih ada dosa didalamnya.
13.  S. Penyatuan antara tuhan dan makhluk yang berbeda eksistensi merupakan penghinaan untuk tuhan, bagimnaa pandangan saudara
J. memang tidak mugkin bisa menyatukan kedua unsur yang berbeda, namun artinya adalah tuhan dan makhluk jauh berbeda dan jangan pernah berharap untuk sama atau setara.
14.  S. Pandangan siti jenarterhadap surga, neraka, manusia, alam, tuhan dan dosa.
J. semua itu adalah teka-teki kehidupan, hanya kitalah jiwa yang tercerahkan yang mampu menjawab.

No comments: